Mengapa kuku pada jari tangan tumbuhnya lebih cepat daripada kuku pada jari kaki?

Written By admin on Minggu, 10 Juni 2012 | 16.04

Tanya :
Saya mempunyai satu pertanyaan soal kuku. Mengapa kuku pada jari tangan tumbuhnya lebih cepat daripada kuku pada jari kaki?
Hal ini membuat frekuensi saya menggunting kuku jari tangan lebih sering ketimbang menggunting kuku jari kaki. Hal yang sama terjadi pula pada suami.
Mohon penjelasan. Terima kasih.
Jawab :
Begini permasalahannya. Kuku dihasilkan oleh sel-sel kulit pada jari. Pertumbuhan kuku sangat dipengaruhi oleh aktivitas sel-sel kulit itu. Aktivitas sel-sel ini sangat dipengaruhi oleh berbagai hal seperti lingkungan (lingkungan gelap di dalam sepatu cenderung membuat aktivitas sel menurun), suhu (suhu panas mempercepat proses metabolisme sel sehingga kuku lebih cepat tumbuh), sistem sirkulasi darah (semakin jauh dari jantung semakin sedikit pasokan darahnya sehingga mengurangi aktivitas sel), dan sifat keturunan.
O, ya, jenis kelamin berpengaruh pula lo! Kuku laki-laki lebih cepat panjang dibandingkan dengan kuku perempuan. Lingkungan yang pengap (karena tertutup sepatu) dan jaraknya paling jauh dari jantung membuat pertumbuhan kuku kaki terhambat.
Terima kasih juga ya atas pertanyaan Anda.

0 komentar:

Posting Komentar