Kenapa Luka Yang Hampir Sembuh, Kok Malah Gatal?

Written By admin on Senin, 11 Juni 2012 | 16.11

Tanya :
Beberapa minggu lalu saya bermain sepakbola. Saya sempat terjatuh dan mendapat luka lecet di lutut. Beberapa hari kemudian luka saya sembuh. Luka saya mengering disertai dengan rasa gatal pada daerah luka dan sekitarnya.
Yang ingin saya tanyakan, mengapa dan bagaimana rasa gatal itu muncul, padahal luka sudah hampir sembuh? Bisakah rasa gatal itu dihilangkan?
Terima kasih.
Jawab :
Rasa gatal pada daerah luka disebabkan oleh histamin yang dikeluarkan sel-sel di sekitar luka. Ini merupakan reaksi terhadap infeksi atau terhadap obat-obatan tertentu. Untuk mengatasi rasa gatal ini, jangan digaruk. Bersihkan luka menggunakan sedikit air hangat ditambah sedikit soda kue, lalu minum obat antihistamin seperti diphenhidramin.
O, ya, obat-obatan ini membuat Anda mengantuk sehingga hati-hati dan bacalah petunjuk pemakaiannya.

0 komentar:

Posting Komentar